Ads Space

1 Green Tips Menjaga Laut

Greentips menjaga laut

Pemanasan global menjadi masalah terbesar bagi bumi dan lautan saat ini. Suka atau tidak suka, Anda akan merasakan dampaknya. Nah, ini adalah 8 cara sederhana bagi Anda untuk ikut menjaga lautan.

1.Kurangi Konsumsi Energi

Anda bisa mengurangi efek climate change (perubahan iklim) dengan meninggalkan mobil di rumah ketika Anda bisa bekerja menggunakan transportasi umum. Beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk memulai hari: Beralih lampu neon hemat energi, memilih tangga daripada lift.

2. Pilih Menu Seafood
Populasi ikan global dengan cepat habis karena permintaan yang luar biasa. Hasilnya adalah hilangnya habitat, serta praktek penangkapan ikan yang tidak berujung. Saat berbelanja atau makan di luar, pilihlah ikan yang sehat dan tidak terlalu di-eksploitasi.

3. Kurangi Penggunaan Plastik
Plastik yang tidak terpakai dan berakhir di laut berperan dalam perusakan habitat dan melibatkan dan membunuh puluhan ribu hewan laut setiap tahunnya. Untuk membatasinya, biasakan membawa botol air yang dapat digunakan kembali, simpan makanan dalam kontainer nondisposable, membawa tas daur ulang saat berbelanja, dan sebisa mungkin menggunakan produk daur ulang.

4. Merawat Pantai
Apakah Anda menikmati menyelam, surfing, atau bersantai di pantai? Selalu biasakan untuk membersihkan sampah Anda sendiri. Anda bisa menjelajahi dan menghargai laut tanpa harus mengganggu satwa liar atau merusak batu dan karang. Tekankan pada teman, keluarga, atau saudara untuk selalu menghormati lingkungan laut atau dengan berpartisipasi dalam pembersihan pantai.

5. Hindari Produk yang Mengksploitasi Laut
Ada produk tertentu yang berkontribusi merugikan terumbu karang rapuh dan populasi laut. Hindari pembelian barang-barang seperti perhiasan karang, aksesoris rambut (terbuat dari penyu sisik), hingga sirip ikan hiu.

6. Mendukung LSM Lingkungan
Banyak lembaga dan organisasi yang berjuang untuk melindungi habitat laut dan satwa laut seperti WWF,Greenpeace atau lainnya. Kenapa tidak memberikan dukungan kepada mereka dengan memberikan bantuan keuangan(menurut penelitian beberapa lembaga independen, LSM besar 100% menggunakan uang donasi untuk kegiatan) atau sekedar mengisi petisi kampanye mereka. Jika Anda tinggal dekat pantai, bergabung dengan sebuah cabang lokal atau kelompok dan terlibat dalam proyek-proyek dekat rumah.

7. Traveling Bertanggung Jawab
Entah Anda sedang snorkeling, jetskiing, atau menikmati perjalanan dengan kapal, selalu bertanggung jawab terhadap diri Anda dan lingungan. Jangan membuang apapun laut, dan waspada dengan lingkungan Anda.

8. Memperkaya Diri dengan Informasi
Semua kehidupan di bumi tersambung ke lautan. Semakin banyak Anda belajar tentang masalah yang dihadapi laut kita, semakin Anda akan ingin menjaganya...
Rating : 5 Oleh-mahadewa
Artikel Menarik Lainnya

1 comments:

Anonim mengatakan...

Hi to every body, it's my first go to see of this website; this webpage contains remarkable and really good information for visitors.
Feel free to visit my weblog straight from the source

Posting Komentar

TinggaL kan jejak Anda dan Jangan Lupa *Follow blog ini. pasti akan saya follow balik.