Ads Space

0 Mengenal Jaringan LAN ( Local Area Network)

https://encrypted-tbn3.google.com/images?q=tbn:ANd9GcSdCGNgLOAVWppzX1CzKpXdhPW0IgxePsS-MotVJ51JVERd186eDg
Pengertian LAN ( Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan komputerpada warnet, gedung, kantor, sekolah bahkan dua komputer yang terhubung pun sudah dalam kategori LAN. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server. Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan bisa sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai client. Antara dua tipe jaringan tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Berikut adalah karakteristik dari LAN :
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi ( up to 100 Mbps )
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit ( terbatas secara fisik )
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Beberapa manfaat dari LAN antara lain :
1. Resource sharing, hal ini bertujuan agar seluruh program (software), peralatan, khususnya data bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai. User bisa berkomunikasi dengan yang lain dan mentransfer data antar workstation dengan sangat mudah.
2. Akan mendapatkan reliable tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan.Misalnya, semua file dapat tersalin ke dua atau tiga buah mesin. Sehingga bila salah satu mesin tersebut tidak terpakai (akibat adanya masalah pada perangkat kerasnya), maka salinan lainnya yang ada pada mesin lain dapat digunakan.
3. Keamanan data lebih terjamin karena sepanjang jaringannya dipasang dengan firewall yang baik maka jaringan tersebut akan membuat serangan dari luar menjadi sulit. Memungkinkan seseorang administrator dalam jaringan dapat mengontrol data-data yang penting yang hanya dapat diakses oleh user tertentu saja.
itulah tadi pengertian LAN yang bisa saya bagikan. Sekian dan semoga bermanfaat. Terimakasih

Ciri-ciri jaringan komputer:
1. berbagi perangkat keras (hardware).
2. berbagi perangkat lunak (software).
3. berbagi saluran komunikasi (internet).
4. berbagi data dengan mudah.
5. memudahkan komunikasi antar pemakai jaringan.


Berikut ini beberapa definisi tentang arti dari Local Area Network (LAN)
  •  Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server.
  •  Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
  • Local Area Network (LAN) ,
  1. Jaringan Lokal (LAN) menghubungkan simpul dalam radius sekitar 100m – 2km.
  2. Kecepatan transfer 1-100Mbps
...
Rating : 5 Oleh-mahadewa
Artikel Menarik Lainnya

0 comments:

Posting Komentar

TinggaL kan jejak Anda dan Jangan Lupa *Follow blog ini. pasti akan saya follow balik.